Kota Surakarta (Humas) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta Kembali menggelar Rapat Evaluasi Kinerja Satuan Kerja (Satker) yang kelima sekaligus terakhir, untuk Satker 416970 Sub Bagian Tata Usaha (Subbag TU) pada hari Rabu (2/7/2025). Kegiatan berlangsung di Aula PLHUT, dipimpin oleh Kepala Subbag TU Bagus Sigit Setiawan, dilanjutkan arahan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta Ahmad Ulin Nur Hafsun, serta dihadiri 27 orang ASN Subbag TU.
Dalam arahannya, Ahmad Ulin Nur Hafsun menyatakan harapannya kepada Subbag TU yang dapat berperan sebagai motivator bagi satker lain dalam mewujudkan layanan berkualitas sesuai slogan MENTES (Modern, Tangguh, Efisien, Siap Melayani). Ia juga mengumumkan agenda review Standar Operasional Prosedur (SOP) dan peta proses bisnis (probis) pekan depan. “Probis harus disusun berdasarkan pedoman terbaru dan mudah dipahami, bukan sekadar bahasa akademik yang bagus,” tegasnya.

Rapat evaluasi dimulai dengan pemaparan anggaran oleh Perencana Ahli Muda Desi Rahmawati, mencakup total anggaran, efisiensi, blokir, dan realisasi kegiatan. Subbag TU mencatat anggaran terbesar karena mencakup gaji 761 pegawai, baik PNS maupun PPPK, dari fungsi keagamaan dan pendidikan Islam.

Evaluasi dilanjutkan dengan pemaparan capaian kinerja dari masing-masing bidang meliputi keuangan, kepegawaian, barang milik negara (BMN), pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), forum kerukunan umat beragama (FKUB), serta penyuluh agama Hindu, Buddha, dan pengawas produk halal.
Tindak lanjut rapat meliputi agenda penyusunan SOP dan probis pada pekan depan, pembuatan buku profil Kemenag, peluncuran podcast, peningkatan responden Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), digitalisasi arsip, dan penataan kantor modern dan ramah lingkungan. Kegiatan ini menegaskan komitmen Kemenag Kota Surakarta dalam meningkatkan tata kelola organisasi modern berbasis aturan terbaru. “Dengan probis yang jelas, seluruh jajaran memiliki acuan kerja yang seragam,” pungkas Ahmad Ulin. (rmd)