Surakarta (Humas) – MTs Negeri 2 Surakarta menggelar kegiatan Tes Minat dan Bakat bagi peserta didik kelas IX program Sains dan Tahfidz (23/8/2025). Kegiatan ini menjadi agenda penting madrasah dengan tujuan membantu peserta didik mengenali potensi diri, minat serta bakat yang dimiliki siswa sebagai bekal menentukan pilihan pendidikan atau jurusan di jenjang berikutnya serta memberikan informasi yang relevan kepada siswa dan orangtua mengenai arah pengembangan diri siswa.
Sebanyak 148 siswa dari lima kelas di program Sains dan Tahfidz yaitu kelas IX.A1 – IX.A5 mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias. Tes yang dimulai pukul 07.30 hingga 10.00 WIB tersebut bekerjasama dengan lembaga yang berpengalaman di bidang asesmen psikologi pendidikan yaitu Tim Laboratorium Bimbingan Konseling (BK) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
Kepala MTsN 2 Surakarta, Kirno Suwanto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen madrasah dalam mendampingi dan mengarahkan peserta didik menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. “Kami ingin para siswa tidak hanya cerdas secara akademik, tapi juga mampu mengenali jati diri dan arah masa depan mereka,” ungkapnya.
Dalam kegiatan ini, peserta didik menjalani serangkaian tes, antara lain:
- Tes Kemampuan (IQ): untuk menilai kemampuan intelektual seseorang.
- Tes Minat: untuk mengukur preferensi dan minat siswa terhadap berbagai bidang studi dan aktivitas.
- Tes Bakat: untuk mengukur potensi dan kemampuan siswa dalam berbagai bidang, seperti kemampuan verbal, numerik, abstrak, dan spasial.
- Tes Kepribadian: untuk mengukur karakteristik kepribadian siswa, seperti gaya belajar, preferensi interaksi sosial, dan gaya pengambilan keputususan.
- Tes Gaya Belajar: untuk mengidentifikasi preferensi seseorang dalam belajar. Tes ini bertujuan untuk mengetahui cara terbaik seseorang dalam menyerap, memproses, dan mengingat informasi. Dengan mengetahui gaya belajar, seseorang dapat menyesuaikan metode pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.
Sebagaiman kita ketahui bahwa pendidikan di tingkat MTs (Madrasah Tsanawiyah) memegang peran penting sebagai fondasi dalam pembentukan karakter sekaligus pengembangan potensi siswa. Pada tahap ini, salah satu aspek yang sangat krusial adalah membantu peserta didik menemukan minat dan bakat mereka, sehingga bisa diarahkan menuju jalur pendidikan maupun karier yang paling sesuai. Ketika bakat dan minat siswa terdeteksi dengan baik, diharapkan bisa melejitkan potensi diri mereka secara maksimal.

Tes minat dan bakat hadir sebagai sarana efektif untuk mengungkap potensi tersembunyi serta kecenderungan siswa. Melalui tes ini, siswa tidak hanya dapat memahami diri sendiri dengan lebih baik, tetapi juga lebih percaya diri dalam menentukan pilihan jurusan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai potensi yang dimiliki.
Akbar Ramadhan salah satu peserta tes minat bakat dari kelas IX.A3, merasakan keseruan dalam menjawab soal-soal. “Soal-soalnya seru, banyak pertanyaan tentang diri, lumayan bingung karena diminta memilih yang paling cocok dengan saya, ada gambar gambar juga, semoga hasilnya nanti bisa membantu saya dalam memilih jurusan di SMA nanti,” ujarnya.
Melalui tes ini, siswa diharapkan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kelebihan dan potensi yang dimiliki. Hasil analisis dari tim ahli akan disampaikan dalam bentuk konsultasi individual, sehingga setiap siswa memperoleh arahan yang tepat untuk mengembangkan diri.
Dengan adanya Tes Minat Bakat ini, madrasah berharap seluruh siswa khususnya kelas 9 dapat lebih percaya diri dalam menentukan jurusan di Madrasah Aliyah (MA), SMA, maupun SMK, serta terus mengasah potensi diri yang dimiliki untuk meraih masa depan yang gemilang. (fi’/my)


















